PEMBINAAN DINAS PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN KAB. DEMAK KE KANTOR DESA KENDALDOYONG

 

Sesuai dengan agenda kerja Bidang Pembinaan dan Pengembangan (PP) Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Demak, Tim Perpustakaan yang terdiri dari Kepala Bidang PP, Kasi Pembinaan Perpustakaan, Kasi Pengembangan Minat Baca dan Sadar Arsip, Pustakawan beserta Fasilitator Perpusda telah melaksanakan supervisi / pembinaan perpustakaan tanggal 21 Februari 2018 di Kantor Desa Kendaldoyong Kecamatan Wonosalam Kabupaten Demak.

Tujuan pelaksanaan supervisi / pembinaan ini adalah untuk menumbuhkembangkan perpustakaan desa sebagai pusat belajar dan berkegiatan masyarakat. Dari hasil supervisi di Kantor Desa Kendaldoyong bahwa perpustakaan desa belum ada yang mengelola hingga kini. Rak buku disimpan di dalam ruangan namun sayangnya tidak layak sebagai sebuah perpustakaan. Belum munculnya kesadaran pemerintah desa sebelumnya dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat melalui perpustakaan. Sejak Tahun 2017 pada dasarnya sudah diatur dalam Permendesa (Peraturan Menteri Desa) bahwa perpustakaan dapat dianggarkan melalui Dana Desa (APBN) antara lain pembangunan gedung fisik, pembelian buku serta sarana penunjang seperti rak koleksi.

Dalam kesempatan ini juga Tim juga memberikan Aplikasi Arsip Demak yang bisa digunakan untuk menyimpan secara online segala jenis surat dan bisa di download kembali melalui online ketika data yang dimiliki terhapus atau hilang.

Editor : NAYA

About kendaldoyong 7 Articles
Desa Kendaldoyong adalah salah satu desa yang terletak di kecamatan wonosolam kabupaten demak

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan